Sabtu, 27 Februari 2010

sejarah amerika kuno

Peradaban Kuno Amerika
Posting kali ini gue persembahkan buat adik-adik kelas gue, khususnya X2.
Soalnya gue ngerasa bingung, repot, capek and males waktu Bu Maya ngasih tugas suruh ngerangkum peradaban kuno dunia (peradaban kuno asia, peradaban kuno amerika, peradaban kuno afrika, dan peradaban kuno eropa) dalam jangka waktu dua minggu. Soalnya hal itu berarti gue harus ngerangkum setengah buku paket sejarah kelas X padahal satu minggu pertama gue belum ngapa-ngapain. What should I do? Waktunya mepet banget sih? Gue ngga tahu harus mulai darimana. Terus ide brilian muncul di benak gue, cari aja di internet terus ngopy aja.

Tapi ternyata ngga semudah itu karena ngga ada satu pun web yang hasilnya bener waktu gue ketik keyword “Peradaban Kuno Dunia” di google. Terus gue ganti lagi, kata kuncinya “peradaban kuno asia”, ngga ada. “Peradaban kuno amerika”,masih ngga ada. “peradaban kuno afrika”,ngga ketemu dan terakhir gue ngetik “peradaban kuno eropa”. Tetep aja ngga ketemu. Aaaarrrggghhhh!!!! Tidak gue bisa stres. So, ini berati gue harus mulai ngerangkum sejarah langsung dari buku. Hiks... hiks.. T_T

Nah, pas di warnet gue isengiseng aja buka-buka file di komputer warnet. Eh, tahunya ada file tugas Rangkuman sejarah.doc. Gue melonjak kegirangan. Gue buka tu file. Tapi isinya cuma rangkuman peradaban kuno asia. Tapi lumayan deh... Hehehehehe.. berarti tinggal ngelanjutin. Ngga percuma, gue ke warnet. ^_^

Buat adek-adek kelasku, selamat menikmati!!! Semoga membantu.Di bawah ini gue kasih peradaban kuno Amerika. Sisanya, gue pisah postingnya supaya ngga kepanjangan nanti kan keliatan jelek. Ya kan???

PERADABAN KUNO Amerika

Peradaban Kuno Amerika ada 3, yaitu Kebudayaan Suku Inca, Kebudayaan Suku Maya, dan Peradaban Kuno Aztec.

A. Kebudayaan Suku Inca

A.1. Letak Geografis
• Kerajaan Inca terletak di Peru tepatnya disekitar danu Titicaca dekat pegunungan Andes.Pendirinya adalah Manco-Copac tahun 500 M.
• Wilayah Kekuasaannya : Bolivia, Chili, Brazilia dan Equador terjadi pada masa Raja Sinci Roca 1105 M, yang merupakan pemersatu bangsa Indian. Tiap wilayah diberi hak otonomi yang disebut Ayllu.

A.2. Pertanian
Penduduknya telah mengenal sistem irigasi dan mempunyai kemampuan bekerja sama sehingga pertaniannya mengalami kemajuan.

A.3. Kepercayaan
Percaya pada dewa-dewa. Dewa yang disembah adalah Dewa Viracocha (Dewa pencipta alam), Dewa Matahari, Dewa Bulan, Dewa Bumi dan Dewa Laut.

A.$. Hasil kebudayaan Suku Inca
Hasil kebudayaan Suku Inca adalah :
• Bangunan-bangunan Istana Megah terbuat dari batu-batu besar dan batu karang.
• Mayat suku Inca biasanya diawetkan (mummi).

B. Kebudayaan Maya

B.1. Letak Geografis
Kerajaan Maya terletak di Meksiko Selatan dan Amerika Tengah. Wilayah Kerajaan Maya meliputi Semenanjung Yukatan (Meksiko), Honduras, dan Guatemala. Pusat peradabannya di Semenanjung Yukatan.

B.2. Pertanian
Suku Maya telah mengenal sistem pengairan terusan. Mereka membangun kebun Chinampa di pulau-pulau buatan yang subur atau di danau-danau yang dangkal di lembah Meksiko. Tanaman pokoknya adalah jagung.

B.3. Ilmu Astronomi
Suku Maya telah mengenal dua sistem kalender, yaitu:
• Sistem Kalender berdasarkan peredaran matahari , 1 tahun = 365 hari
• Sistem Kalender berdasarkan kepercayaan , 1 tahun = 260 hari

B.5. Hasil Kebudayaan
Hasil kebudayaan Suku Maya adalah :
 Mampu membangun kota terbesar di dunia, kota Theotihuakan yang dihuni 100.000 penduduk.
 Tikal, situs tertua di dunia yang berbentuk piramid bersisi terjal.
 Kota dongeng Machu Picchu bertengger mengakangi gunung yang sempit, menjulang pada ketinggian 600 m di atas lembah sungai Urubamba.

B.4. Kepercayaan
Kepercayaan suku Maya memuja banyak dewa (politheisme), seperti Dewa laut, Dewa Matahari, Dewa Hujan, Dewa Musim Semi. Mereka juga mengenal upacara pemujaan yang mengorbankan nyawa manusia. Karena mereka percaya matahari harus makan jantung dan darah manusia untuk menentukan kelangsungan hidup dunia.


C. Kebudayaan Aztec

C.1. Pemerintahan
Kerajaaan Aztec berdiri sekitar tahun 1298 M dan mencapai puncak kejayaannya pada tahun 1450 M. Kerajaan Aztec mengalami kehancuran setelah datangnya bangsa Spanyol, dengan raja terakhirnya Monte Zuma II. Pusat kerajaan Aztec berada di daerah semenanjung Yukatan.

C.2. Kepercayaan
Kepercayaan suku Aztec mengorbankan nyawa manusia saat pemujaan merupakan warisan dari suku Toltek. Walaupun begitu, suku Aztec meneruskan pemujaan sendiri yaitu Huiyzilopochtti, dewa yang memeperhatikan peruntungan politik Tenochtitlan. Tidak seperti suku Toltek yang mengagungkan dewa Tezkatlipoka.

C.3. Hasil Kebudayaan suku Aztec
Hasil Kebudayaan suku Aztec adalah :
• kuil berbentuk piramida yang tengahnya berlubang untuk memasukan kurban (emas dan perak)
• Konsep kepercayaannya menyembah dewa-dewa
• Ditemukan patung di kota Vera Cruz, yang beratnya 30 ton sebagai perwujudan dewa utama yang disucikan
• Mampu mengusahakan tambang emas dan perak
• Suku Aztec tiap 52 tahun sekali mengadakan upacara besar-besaran yang dipusatkan di Hall of the Star, ibukota kerajaan Aztec.

3 komentar:

  1. aduh,kalu mo buat sesuatu di blog itu hasil sendiri dong jangan hasil kopian kan kasian yang pnya blog capaek2 belajar dan bagi ilmunya,

    BalasHapus
  2. Terimakasih ya atas infonya...bantu bgt buat yang nyari tugas...

    BalasHapus